Tuesday, May 23, 2006

Bukan yang Terakhir


Peristiwa yang aku alami baru-baru ini, membuat aku teringat pada satu lagu dari dongeng anak-anak, yang biasa aku dengarkan dari kaset dongeng anak-anak berjudul "Jenderal Kancil". Kaset ini diproduksi oleh Sanggar Sangrilla, kira-kira tahun 80-an dengan pemeran utamanya Adi Bing Slamet. Detail ceritanya aku tidak ingat dengan pasti, tapi ada satu lagunya yang sampai saat ini kadang suka aku dendangkan tanpa sadar. Seperti ini cuplikannya:
Aneh Sekali, Lucu Sekali, Hai Kura-Kura, Jalanmu Lambat-Jalanmu Lambat, tapi Kau Menang

Kenapa aku begitu terkesan dengan lagu ini? Aku punya alasan untuk itu. Sebetulnya lagu ini didendangkan pada saat perlombaan adu kecepatan antara jenderal kancil dan kura-kura. Pertandingan ini dimenangkan oleh sang Kura-kura. Mendengar ini tentulah kita akan merasa aneh, karena seharusnya Jenderal Kancil pastilah lebih lincah dibandingkan Kura-kura yang berjalan lambat, tetapi mengapa dalam pertandingan ini, sang kura-kura bisa menang? Inilah bagian menarik dari cerita ini....kura-kura ini memiliki sekelompok teman yang membantunya, mereka berbaris dari garis start sampai dengan garis finish, setiap kali jenderal kancil bertanya posisi keberadaan kura-kura, maka kura-kura yang memiliki posisi di depan jenderal kancil akan menjawab "Aku disini, aku selalu berada di depanmu!"

Aku yakin cerita ini memiliki dua sisi, artinya orang bisa menafsirkannya sebagai licik/curang, karena kura-kura bertanding tidak sendirin tetapi bersama teman-temannya sedangkani sang jenderal kancil sendirian. Tetapi aku lebih menyukai sisi lainya, yaitu kura-kura ini "SMART", mengapa? karena dia sudah tau kalau dia tidak akan menang maka dia memikirkan sebuah strategi untuk mengalahkan sang jenderal kancil dan dia memilih bekerja sama (team work) dengan teman-temannya. Jadi kemenangan kura-kura ini, karena dia smart dan dia bekerja dalam team.

Hari jumat minggu yang lalu, aku menerima dua buah sertifikat dari panitai kompetisi pelayanan yang aku ikut beberapa waktu yang lalu. Salah satu sertifikat itu mengucapkan selamat atas partisipasi aku sebagai duta dari perusahaan tempat aku bekerja dan yang lainnya adalah hasil individual assesment. Aku sempat takjub saat menerimanya, karena ternyata aku meperoleh score yang cukup baik, dan bukan yang terakhir dari segi pencapaian nilai secara individu. Padahal aku sudah sempat khawatir hasil penilaianku kurang baik, sehingga mempengaruhi penilaian team kami. Kenapa aku khawatir, sebab aku adalah orang terakhir yang dipanggil untuk turut serta dalam kompetisi itu. Dimana orang lain sudah berlari sepanjang 5 km didepan, sementara aku belum memulai apa-apa.

Prestasi yang bisa aku raih, bukan semata-mata hasil usahaku sendiri, tetapi karena teman-teman juga memberikan dukungan yang sangat besar pada saat aku mengejar ketinggalan '5 km"ku. Proses transfer ilmu ter-instant yang pernah aku jalani, tapi benar-benar mengena. Aku memang bukan sang kura-kura yang akhirnya memenangkan pertandingan itu, aku yang tertinggal meskipun bukan jadi yang terdepan tetapi aku juga bukan yang terakhir.

Thanks all My Friends, without you, I can not reach all of this.

0 comments:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez