Tuesday, March 21, 2006

Berkesan di Hati


Tidak terasa bulan Maret sebentar lagi akan berakhir, dua bulan mendatang sudah bulan Mei...
Bulan Mei....sebuah bulan yang memiliki satu arti besar dalam hidup aku.....berawal dari keharusan menulis sebuah thesis sebagai syarat untuk menyelesaikan studi S2-ku, aku berusaha untuk mencari bahan tulisan yang berbeda yang mungkin jarang atau malahan tidak pernah dilirik oleh orang lain.

Awalnya aku sudah mendengar dan membaca sekelumit berita mengenai Gelang Merah SOLIDARITASKEBERSAMAAN, gelang karet yang menggetarkan hati banyak orang untuk memberikan dukungannya pada anak-anak Indonesia. Pada saat itu aku mulai memikirkan untuk mengangkat ini sebagai topik utama dalam thesisku, entah itu hanya kebetulan atau mungkin The Source juga mau menunjukkan jalan padaku, karena pada saat itu aku menemukan sebuah artikel mengenai Gelang Merah ini di sebuah majalah bulanan yang dihadiahkan seorang sahabat orangtuaku untuk kami.

Singkat cerita, aku mencari situs Yayasan Tunas Cendekia (YTC), sebuah yayasan yang berada di belakang kampanye Gelang Merah SOLIDARITASKEBERSAMAAN. Kubulatkan tekad untuk mengirimkan email...permohonanku untuk diberi kesempatan dan kepercayaan mengangkat mereka sebagai 'Bintang' dalama thesisku. Tidak kusangka mereka memberikan reaksi yang positif, walaupun diawal mereka sempat pesimis dengan minimnya informasi yang mereka miliki, tetapi aku berusaha meyakinkan mereka, bahwa aku sangat ingin menulis mengenai mereka....bagaimana tidak...aku seperti menemukan bagian dari diriku yang selama ini sungguh sulit untuk aku ekspresikan.....satu sisi kepedulianku terhadap orang lain.....

Memperoleh kepercayaan dari teman-teman YTC, benar-benar sebuah tanggung jawab yang besar....tanggung jawab moril yang terbesar adalah pada Anak-anak Indonesia yang membutuhkan bantuan kita. Semakin lama aku menekuni tulisanku, semakin sering aku berhubungan dengan berbagai informasi mengenai YTC dan semakin sering pula aku mengunjungi situs YTC. Tokoh-tokoh terkenal yang pertama kali menjadi Icon iklan YTC adalah orang-orang yang sangat perduli pada anak-anak, yang pertama adalah Kak Seto dan yang lainnya adalah DikDOANK. Siapa yang tidak mengenal mereka???

Melalui posting Alam Menuntun, YTC mengangkat karya DikDOANK untuk anak-anak indonesia, sebuah sekolah alam. Lima hari kedepan setelah aku membaca posting itu, aku melihat liputan sekolah alam ini di salah satu TV Swasta...sebuah sekolah yang sangat cantik.....kalau kulihat dari sudut pandangku, selanjutnya kulemparkan komentar pada posting itu untuk usaha yang telah dilakukan DikDOANK.

Selama aku menulis thesis mengenai Gelang Merah SOLIDARITASKEBERSAMAAN ini, kucoba untuk menyampaikan semua visi dan misi dari YTC kepada siapapun yang bertanya kepadaku dan kuceritakan pula orang-orang yang turut mendukung kampanye Gelang Merah SOLIDARITASKEBERSAMAAN.

Hari ini seorang temanku dikantor mengajaku melihat sebuah rekaman acara di salah satu TV Swasta, tepatnya acara yang kurang lebih ditayangkan jam 5 pagi. Mataku sungguh mebelalak saat melihat tayangan itu karena itu adalah sekolah alam DikDOANK. Ternyata temanku ini menyimpan semua pesan tersirat dari cerita-ceritaku selama aku menulis thesis. Pesan untuk peduli terhadap pendidikan anak-anak Indonesia. Dia menyimpan semangat SOLIDARITASKEBERSAMAAN yang kubagikan kepadanya.. temanku sempat berkomentar bahwa DikDOANK telah meralisasikan kepedulian dalam bentuk yang nyata dan dia salut akan kerendahan hati dan kepedulian DikDOANK ini. Dia bertanya padaku, dimana letak sekolah alam ini, dia ingin mengajak keluarganya untuk datang bekunjung kesana. Aku sungguh terharu mendengarnya ternyata kepedulian terhadap anak-anak Indonesia yang teman-teman YTC perjuangkan bersama sahabat-sahabatnya memberikan Kesan di Hati banyak orang.....


Untuk teman-teman yang mau berkunjung ke Sekolah Alam JurankDOANK, sekolah ini dibuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu. Aku tidak punya alamat pastinya, tapi aku cuma punya perkiraaan jalan yang harus ditempuh:
Dari arah Pondok Indah naik tol ke arah pintu tol Pondok Aren dan keluar disitu, setelah itu belok kiri menuju arah serpong, (jangan ambil lurus ke arah bintaro). Kemudian ketemu tusuk sate belok kiri, lalu lurus ke arah ciputat melewati jalan diatas tol. Tidak jauh setelah ini lihat ke kanan jalan, ada kantor lurah sawah lama, disebelah kantor ada gang yang ada tanda kuning Kandank Jurank Doank. Masuk ke gank tersebut.

Selamat Berkunjung!!!

0 comments:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez