Friday, March 03, 2006

KESEPIAN



Apakah teman-teman pernah pergi ke sebuah hotel di daerah Magelang yang bernaung di bawah bendera Aman Resorts? Mungkin banyak dari kita mengenal group hotel and resorts ini tersebar di pulau Bali, sebutlah salah satunya Amankila atau Amannusa atau Amandari.

Aku sendiri belum pernah menginap di salah satu resort dari Aman resorts ini, walaupun konsepnya sangat menarik hati dan sebagai sesorang yang berlatar belakang Arsitektur.....mengunjungi dan merasakan bangunan-bangunan unik dan bagus itu, sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa.

Hotel group Aman yang berada di daerah Magelang ini dikenal dengan nama Amajiwo, hotel ini memiliki pemandangn langsung ke situs budaya yang terkenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, yah apalagi kalau bukan BOROBUDUR.

Pertama kali aku mengetahui keberadaan hotel ini dari salah seorang dosen kuliah asritekturku, yang juga pembimbing tugas-akhirku. Waktu itu kami sedang membahas masalah perancangan, dia mengatakan hal terpenting bagi seroang arsitek dalam merancang adalah memiliki satu konsep yang kuat.

Dia bercerita kalau dia baru saja menginap di hotel Amanjiwo ini, kemudian ia memperlihatkan foto-foto hasil jepretan kameranya di sana. Pertanyaan selanjutnya yang dia tanyakan adalah, apa yang aku rasakan pada saat melihat foto-foto hotel itu? Spontan aku jawab bahwa terasa sepi, jauh dari kebisingan. Aku kembali mengulangi bahwa aura yang sangat kuat terasa adalah SEPI. Selanjutnya dosenku berkata.....hotel ini berhasil menerjemahkan konsep yang ingin disampaikannya melalui rancangan....jadi bertanyalah aku...apa sebetulnya konsep dari hotel Amanjiwo ini.....dan dosenku bilang satu kata: KESEPIAN.

KESEPIAN, konsep yang diusung hotel Amanjiwo ini....... Sempat bertanya dalam hati kenapa harus KESEPIAN? Kenapa bukan yang lain?
Namun sesudah aku pikir-pikir.....konsep ini sebetulnya...konsep yang sangat berani, dan sebetulnya sering kita temui dalam kehidupan, karena setiap individu dalam hidupnya pernah merasakan perasaan ini....perasaan dimana dirinya KESEPIAN. Atau malah tidak pernah ????

Kalau kita mencoba untuk jujur at least pada diri kita sendiri...maka kita akan menemukan bahwa ada saatnya dimana kita KESEPIAN. Seperti perasaanku saat ini....aku KESEPIAN.

Punya banyak teman, sahabat ataupun saudara tidak berarti kita tidak pernah mengalami perasaan ini…..saat ini aku merasa tidak ada kuping untuk mendegar dan mulut untuk berkomentar tentang Kegalauan jiwaku. Hatiku gundah karena banyak hal yang kalau dipikir bisa menjadi beban, padahal sesulit apapun hidup kita, Tuhan mengajarkan untuk selalu senantiasa setia bersyukur kepadaNya. Ada banyak hal menganggu pikiranku dan tidak ada tempat bagiku untuk mencurahkan isi hati ini dan tidak ada orang yang mengerti aku.

Tuhan…salahkah aku memiliki perasaan ini? Perasaan yang sangat manusiawi… tetapi perasaan yang semestinya aku tepis…karena dimanapun aku berada, tanpa keberadaan orang lain…aku memiliki diriMu yang selalu menjaga dan memahami jiwaku.

Hatiku gundah….jiwaku galau…..aku KESEPIAN.

1 comments:

choenhwie on 8:41 AM said...

bukankah rasa sepi itu dibutuhkan agar manusia sadar bahwa dia membutuhkan waktu untuk "sendiri"

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez